SDIT An-Najah – Forum Diskusi Raport Pendidikan

Bismillah

SDIT Sunnah An-Najah mengelar Forum Diskusi tentang Raport Pendidikan.

Kepala Sekolah SDIT Sunnah An-Najah, Mu’allim Sudirman, S.Pd menggelar Forum Diskusi bersama seluruh guru-guru SDIT Sunnah An-Najah pada hari Sabtu, 16 Desember 2023 di Kompleks Sekolah An-Najah.

Raport Pendidikan adalah pengganti atau penyempurnaan dari Rapor Mutu, di mana indikatornya disusun berdasarkan input, proses, dan output pendidikan. Dalam Rapor Pendidikan satuan pendidikan tidak melakukan pengisian data langsung ke dalam instrumen, melainkan data diambil dari sistem yang sudah ada, termasuk dari Asesmen Nasional, Data Pokok Pendidikan (Dapodik), Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB), Badan Pusat Statistik (BPS), dan sumber lain yang relevan. Satuan pendidikan hanya dipersyaratkan memasukkan data di Dapodik dan kemudian mengikuti Asesmen Nasional.

Rapor Pendidikan Indonesia menyajikan hasil Asesmen Nasional (AN) sebagai tolok ukur yang lebih komprehensif dalam menggambarkan kondisi pendidikan di Indonesia. Hal ini dilakukan guna mendorong perbaikan mutu pendidikan. Jika Rapor Pendidikan versi 1.0 dan 2.0 diciptakan untuk pemerintah daerah dan tenaga pendidik, kini Rapor Pendidikan Indonesia diciptakan untuk dapat membantu orang tua dan masyarakat dalam mendorong kualitas pendidikan.

Dalam Rapor Pendidikan Indonesia, orang tua dan masyarakat dapat mempelajari secara ringkas mengenai kondisi pendidikan dalam skala nasional, yang meliputi :

1. Indikator kualitas pembelajaran,
2. Capaian indikator penting yang menggambarkan kondisi satuan pendidikan di seluruh jenjang,
3. Hasil Asesmen Nasional (AN) dan beberapa sumber data yang dijadikan sebagai alat ukur pendidikan yang komprehensif.

Selain itu, terdapat beberapa indikator utama yang dijadikan sebagai data dalam Rapor Pendidikan 2023. Indikator utama yang merupakan data perbandingan Rapor Pendidikan tahun 2021 dan 2022, meliputi:

1. Pengukuran kompetensi dasar literasi-numerasi,
2. Kualitas pembelajaran, iklim keamanan, kebhinekaan,
3. Penyerapan lulusan SMK dan kemitraan dan keselarasan dunia kerja,
4. Persentase PAUD terakreditasi minimal B,
5. Angka Partisipasi Sekolah (APS).

Selain dapat melihat hasil belajar pada ranah kognitif, Asesmen Nasional juga mencakup survei karakter dan lingkungan belajar. Hal ini bertujuan untuk memotret hasil belajar sosial emosional siswa serta karakteristik lingkungan belajar dalam rangka mendukung terciptanya lingkungan belajar yang konfusif.

Raport pendidikan dapat dilihat di situs resmi pada

https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/

Kita terus berbenah, belajar dan berinovasi. Semoga di tahun depan, kita mampu memberikan pendidikan yang lebih baik dan mendapatkan nilai yang lebih baik pula, sebut Mualim Sudirman,S.Pd mengakhiri kegiatan forum diskusi.

 

(Div.HumasAnNajah)

 

? Info PPDB Sekolah Sunnah An-Najah
? Jenjang, TK, SD dan SMP
☎ Muallimah Mardiya 0822-7357-8071
☎ Muallimah Mayang 0823-8376-4373