Micro Teaching Guru SDIT Sunnah An-Najah

Dari Abu Mas’ud Uqbah bin Amir Al Anshari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

“Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim no. 1893).

 

SDIT Sunnah An-Najah menggelar Micro Teaching bagi Guru Mata pelajaran, Wali Kelas dan Guru Tahsin dan Tahfidz. Sebanyak 19 orang guru yang mengikuti kegiatan ini, yang dilaksanakan di Gedung Sekolah SDIT Sunnah An-Najah, Sabtu 19 Agustus 2023.

Pada umumnya Micro teaching adalah metode pelatihan bagi guru (calon guru), wali kelas atau guru mata pelajaran, di mana mereka melakukan sesi pengajaran singkat dalam skala kecil. Tujuan utamanya adalah untuk mengembangkan keterampilan mengajar dan memberikan pengalaman praktis dalam mengelola kelas serta menyampaikan materi pelajaran.

Selama sesi micro teaching, guru bersimulasi untuk mengajar kepada peserta pelatihan lainnya yang berperan sebagai siswa. Proses ini memberikan kesempatan bagi guru untuk mempraktikkan teknik pengajaran, mengatasi tantangan yang mungkin muncul, dan menerima umpan balik langsung dari sesama guru.

Kegiatan Micro teaching yang di sampaikan oleh Muallimah Mayang Murni, M.Pd.,Gr. sebagai instruktur menjelaskan dan memaparkan tehnik-tehnik dan metode yang dapat di terapkan dalam proses belajar mengajar di kelas, beda jenjang kelas maka beda pula metode yang di terapkan.

Melalui kegiatan Micro Teaching ini di harap dapat memberi manfaat dalam peningkatan skill tenaga pengajar di lingkungan SDIT Sunnah An-Najah, diantaranya,

1. Pengembangan Keterampilan Mengajar

Micro teaching memungkinkan guru untuk mengasah keterampilan pengajaran mereka secara bertahap. Mereka dapat mencoba berbagai teknik, strategi, dan pendekatan untuk mengajar dan memahami cara terbaik menyampaikan materi kepada siswa.

2. Umpan Balik Langsung

Melalui sesi micro teaching, guru mendapatkan umpan balik langsung dari sesama peserta pelatihan/guru atau instruktur. Ini membantu mereka mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam pengajaran mereka, serta memberikan peluang untuk perbaikan.

3. Pengelolaan Kelas

Micro teaching membantu calon guru dalam mengelola kelas dengan efektif. Mereka dapat belajar mengatasi gangguan, menjaga disiplin, dan menciptakan lingkungan belajar yang positif.

4. Pengembangan Percaya Diri

Dengan seringnya berlatih di depan sesama guru atau peserta pelatihan, guru dapat mengembangkan rasa percaya diri dalam kemampuan mengajar. Ini membantu gutu menghadapi kelas sebenarnya dengan lebih tenang.

5. Eksplorasi Gaya Mengajar

Guru dapat mencoba berbagai gaya pengajaran dan metode instruksional selama sesi micro teaching. Ini membantu peserta menemukan pendekatan yang paling cocok untuk siswa sesuai jenjang.

6. Penyesuaian Materi

Dengan mendapatkan umpan balik langsung, guru dapat menyesuaikan materi pelajaran dan cara penyampaian berdasarkan respon siswa.

7. Pengenalan terhadap Kesalahan Umum

Micro teaching dapat membantu guru mengidentifikasi kesalahan umum yang sering terjadi dalam pengajaran, seperti berbicara terlalu cepat, tidak memberikan kesempatan siswa berpartisipasi, atau kurangnya variasi dalam metode pengajaran.

 

Micro teaching membantu sekolah dalam meningkatkan kualitas pengajaran mereka, mengasah keterampilan komunikasi guru dalam menyampaikan pelajaran, dan mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki sebelum mereka menghadapi kelas yang sebenarnya. Hal ini juga memungkinkan para guru untuk mencoba berbagai pendekatan pengajaran sehingga mereka dapat mengembangkan gaya mengajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Secara keseluruhan, micro teaching adalah alat penting dalam membantu guru meraih keberhasilan dalam mengajar melalui latihan intensif, refleksi, dan umpan balik yang terfokus.

 

Kita berdoa semoga Allah selalu merberkahi segala kegiatan kita dan mejaga keteguhan hati kita dalam menyampaikan kebenaran sesuai syariat yang di bawa oleh Rasullulah, serta upaya dalam memberikan pendidikan terbaik bagi generasi penghapal Al-Qur’an.

 

*An-Najah, 19 Agustus 2023.

Leave a Reply

Alamat
Jl. Wakaf I - Mesir, Kp. Lelabu, Kec. Bebesen, Kab. Aceh Tengah