Berkunjung ke Pabrik Tahu, Puncak Tema Lingkungan TK Swasta IT Sunnah An-Najah

Bismillah.

Puncak tema dalam konteks kegiatan Taman Kanak-kanak mengacu pada momen di mana anak-anak mengeksplorasi dan merayakan semua hal yang telah mereka pelajari sepanjang satu tema pembelajaran. Puncak tema tentang lingkungan bisa melibatkan kegiatan seperti presentasi proyek, pertunjukan seni, atau pameran kreatif yang menunjukkan pemahaman mereka tentang lingkungan dan cara menjaga lingkungan dan alam disekitar kita.

TK Swasta IT Sunnah An-Najah pada Puncak Tema Lingkungan kali ini berkunjung ke Pabrik tahu dan tempe di Kampung Blang Kolak II, kegiatan ini bisa menjadi pengalaman pendidikan yang baik untuk anak-anak TK dalam pelajaran lingkungan juga bisa membantu mereka memahami lebih baik tentang aspek seperti pengolahan makanan, bahan baku, dan proses produksi.

Kunjungan ke pabrik tahu dapat memberikan beberapa manfaat positif, terutama dalam konteks pembelajaran lingkungan untuk anak-anak TK:

1. Pemahaman Proses Produksi: Anak-anak dapat melihat secara langsung bagaimana proses pembuatan tahu mulai dari bahan kacang kedelai sampai sudah menjadi tahu, Ini membantu mereka memahami konsep pengolahan makanan dan proses produksi.

2. Kesadaran Lingkungan: Kunjungan seperti ini dapat mengajarkan kepada anak-anak tentang bagaimana makanan dihasilkan dan bagaimana bahan-bahan digunakan. Ini dapat meningkatkan kesadaran mereka tentang sumber daya alam dan pentingnya penggunaan yang berkelanjutan.

3. Keterlibatan Aktif: Anak-anak dapat terlibat secara langsung dalam kegiatan di pabrik. Ini dapat merangsang keterlibatan aktif dan rasa ingin tahu mereka.

4. Keterampilan Observasi: Kunjungan semacam ini membantu anak-anak mengembangkan keterampilan observasi mereka saat mereka melihat dan memerhatikan proses-proses yang terjadi di pabrik.

5. Koneksi Nyata: Melalui kunjungan tersebut, konsep-konsep yang diajarkan di dalam kelas dapat dihubungkan dengan dunia nyata. Ini membuat pembelajaran lebih bermakna bagi mereka.

6. Memahami Sumber Makanan: Anak-anak dapat mengaitkan produk makanan dengan asal-usulnya, membantu mereka menghargai makanan yang mereka konsumsi.

 

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَلَا تُفْسِدُوْا فِى الْاَ رْضِ بَعْدَ اِصْلَا حِهَا وَا دْعُوْهُ خَوْفًا وَّطَمَعًا ۗ اِنَّ رَحْمَتَ اللّٰهِ قَرِيْبٌ مِّنَ الْمُحْسِنِيْنَ

“Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan.”

(QS. Al-A’raf 7: Ayat 56)

Dengan pelaksanaan kegiatan ini diharapkan semakin menambah pengetahuan dan kecintaan anak-anak terhadap lingkungan, pemanfaatan bahan di sekitar lingkungan, menjaga lingkungan dan mensyukuri atas nikmat yang telah Allah berikan untuk nikmat lingkungan di sekitar kita.