Adab makan dan minum

Islam sudah menata seluruh segala aktivitas yang kalian lakukan di dunia ataupun di akhirat, sesuai dengan ketentuan Allah dan sunnah Rasulullah. Salah satu kegiatan rutin yang dijalani manusia ialah makan serta minum.
Kegiatan sederhana ini tidak boleh disepelekan, lantaran makan dan minum merupakan karunia yang dianugerahi Allah pada setiap hambanya. Oleh sebab itu, terdapat adab makan dan minum dalam islam yang patut kalian lakukan.

1. Membersihkan kedua tangan kanan dan kiri

Sebelum kalian mengawali makan dan minum, ada baiknya apabila membersihkan terlebih dahulu tangan kanan dan tangan kiri kalian sebelum menyentuh makanan atau minuman. Pastikan tangan sudah terbebas dari paparan bakteri yang dapat membahayakan tubuh. Gunakanlah sabun, untuk mematikan bakteri yang melekat pada tangan. Karena kita tidak pernah tahu apakah ada jutaan bakteri yang siap mengancam kesehatan kita.

2. Membaca Basmallah

Awali aktivitas makan dan minum dengan menyebut dan mengingat Allah, itu sebagai bagian dari rasa bersyukur yang kita tunjukkan pada sang maha pencipta. Berdasarkan hadits dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Apabila salah seorang di antara kalian hendak makan, maka ucapkanlah: ‘Bismillaah’, dan jika ia lupa untuk mengucapkan bismillaah di awal makan, maka hendaklah ia mengucapkan: ‘Bismillaah awwaalahu wa aakhirahu’ (dengan menyebut Nama Allah di awal dan akhirnya).”

3. Tidak meniup pada makanan

Tidak meniup pada makanan yang keadaanya masih panas dan tidak memakannya sampai menjadi lebih dingin. Tidak boleh juga kita meniup pada minuman yang masih panas, apabila kita hendak bernafas maka lakukanlah di luar gelas sebanyak tiga kali sebagaimana hadits Anas bin Malik.
“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam jika minum, beliau bernafas (meneguknya) tiga kali (bernafas di luar gelas).”

4. Makan dengan menggunakan tiga jari tangan kanan, menyedikitkan suapan, memperbanyak kunyahan, makan dengan apa yang terdekat darinya dan tidak memulai makan dari bagian tengah piring.

Berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Wahai anak muda, sebutlah Nama Allah (bismillaah), makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah dari apa-apa yang dekat denganmu. Dan sabda beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam pula “Keberkahan itu turun di tengah-tengah makanan, maka makanlah dari pinggir-piring dan janganlah memulai dari bagian tengahnya.”

5. Makan dengan baik
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa menganjurkan agar kita selalu memakai tangan kanan dalam melakukan segala hal, termasuk makan. Gunakanlah tangan kanan ketika kita ingin makan dan minum, sesungguhnya setan itu makan dan minum dengan tangan kirinya. Selain itu, kita juga harus bisa memilah jumlah makanan yang akan kita santap, ambilah makanan secukupnya dan tidak boleh sampai makanan atau minuman terbuang kemudian sia-sia. Kondisi perut yang terlalu kenyang sampai kembung juga mendatangkan hal-hal yang kurang baik, salah satunya adalah malas.

6. Mengakhiri makan dengan pujian kepada Allah,
Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Barangsiapa sesudah selesai makan berdo’a: ‘Alhamdulillaahilladzi ath‘amani hadza wa razaqqaniihi min ghairi haulin minni walaa quwwatin (Segala puji bagi Allah yang telah memberi makanan ini kepadaku dan yang telah memberi rizki kepadaku tanpa daya dan kekuatanku),’ niscaya akan diampuni dosanya yang telah lalu.”

Itulah beberapa adab makan dan minum dalam Islam yang harus kita patuhi serta ikuti. Dan juga, jangan pernah sesekali mengeluh atau berbicara mengenai rasa maupun kondisi makanan dan minuman itu. Nikmati dan syukurilah apa pun yang ada dihadapkan kalian untuk di makan.

Leave a Reply

Alamat
Jl. Wakaf I - Mesir, Kp. Lelabu, Kec. Bebesen, Kab. Aceh Tengah